Mimpi Untuk Indonesia

Kalau ditanya apa cita-cita saya, saya sering bingung mau jawab apa. Yang saya tahu, saya ingin dikenal dan (nantinya) dikenang sebagai orang yang berjasa untuk keberhasilan generasi muda Indonesia. Saya baru 13 tahun (It’s 3 months until my 14th birthday) dan saya sadar kalau saya belum bisa berbuat banyak untuk kemajuan Indonesia. Saya juga tahu kalau it’s too much for a teenage girl. Tapi mimpi saya sebenarnya sederhana.  Saya cuma ingin berbuat sesuatu untuk kemajuan Indonesia. Ada 3 hal yang saya inginkan untuk Indonesia 20 tahun dari sekarang;

  • Pendidikan yang layak bagi seluruh rakyat Indonesia  

Saya belum pernah keliling Indonesia. Baru beberapa kota disini yang saya kunjungi. Itu pun kota-kota yang bisa dibilang maju. Tapi saya tahu kalau di luar sana-di berbagai pelosok Indonesia, masih banyak anak-anak seusia saya yang nggak bisa baca. Kalau ingat itu, saya merasa amat sangat beruntung. Di usia yang sama dengan mereka, saya sudah bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris biarpun masih belum terlalu lancar. Sementara mereka? Untuk sekadar baca saja nggak bisa.

Mungkin jangan dulu bicara pelosok. Disana, fasilitas masih kurang. Tapi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya?  Saya yakin masih banyak diantara warganya yang buta huruf. Bagaimana bisa mereka kurang fasilitas? Sekolah ada dimana-mana. Lalu mengapa sulit sekali mengenyam pendidikan? Lagi-lagi, karena uang. Biaya pendidikan yang tinggi membuat mereka sulit mendapat pendidikan. Sebagian besar akan berpikir “makan aja susah, apalagi sekolah?”. 

  • Angka kemiskinan menurun

Saya yakin, menghilangkan kemiskinan itu sulit. Tapi paling tidak, saya yakin bisa mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Angka kemiskinan di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 12,15 persen atau 29,13 juta jiwa. Sangat besar, kan?

Saya nggak ngerti apa penyebab ini semua. Apa mereka yang boros dan malas atau memang kita yang nggak punya hati sampai  nggak mau bantu mereka. Saya nggak tau. Yang saya tau, saya ingin membuat angka ini menurun dan saya perlu bantuan untuk itu.

  • Tidak ada sampah menumpuk dan kali yang tercemar

Saya nggak tahu apa-apa soal lingkungan. Saya hanya bisa tau berita mengenai pencemaran lingkungan lewat e-mail yang saya dapat dari Greenpeace. Tapi saya yakin diluar sana banyak orang yang mengerti lingkungan dan ingin memperbaiki kondisi lingkungan kita

Buang sampah sembarangan sampai membuang limbah pabrik ke sungai sepertinya memang sudah jadi budaya di Indonesia. Dan merubah segala sesuatu yang sudah jadi kebiasaan itu memang sangat sulit. Tapi kita masih punya banyak waktu untuk itu. Jadi kenapa harus mundur dan takut sebelum berperang? Kita bisa melakukan itu semua dan saya yakin itu.

Tiga hal diatas adalah mimpi terbesar saya untuk Indonesia. Lalu apa yang harus saya lakukan untuk mencapai ketiganya?  Saya perlu bantuan dan saya yakin diluar sana masih banyak orang yang punya mimpi sama dengan saya untuk kemajuan Indonesia.

I know that it’s really hard to make people trust us because we’re still young. But, I am willingly work hard 24/7 for this beautiful land. I will skip my play time for volunteering or attending workshops and seminars. I will publish more articles if it can inspire you.  I want hear more from you! Because if it’s only me, these things will never work.

For any ideas, please kindly contact me. :-)

Leave a Reply

